Nasi Goreng Seafood

Beberapa hari yang lalu saat makan di suatu tempat, saya menyempatkan diri untuk mencicipi nasi goreng seafood. Saya juga menyempatkan diri mengambil gambar dari hidangan yang saya santap tersebut. Gambar di samping saya ambil dengan kamera ponsel sehingga kurang begitu cerah warnanya. 
Setelah mencicipi nasi goreng itu, saya langsung menyimpulkan sendiri bagaimana menciptakan cita rasa yang demikian. 
Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat nasi goeng seafood ala saya.
Bahan yang diperlukan adalah :
  • Sepiring nasi putih
  • 2 buah udang ukuran sedang,buang kulitnya dan potong-potong sesuai selera
  • 1 buah cumi-cumi,bersihkan dan potong-potong sesuai selera
  • 2 siung bawang merah,iris tipis-tipis
  • 1 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah iris serong kecil-kecil
  • sehelai seledri
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap
  • 1 sdm saus
  • 3 sdm minyak goreng
Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut
  • haluskan bawang merah dan bawang putih
  • panaskan minyak,lalu goreng bawang merah yang telah diiris tipis,tumis hingga harum
  • masukkan cabai merah,tumis hingga layu
  • tambahkan bumbu halus,garam,dan gula,tumis hingga harum dan semua bumbu tercampur rata
  • beri 50 cc air,biarkan hingga mendidih
  • masukkan cumi dan udang yang telah dicincang
  • masak sebentar,lalu tambahkan kecap dan saus
  • masukkan nasi putih,aduk rata dengan bumbu, gunakan api kecil
  • masak nasi goreng hingga matang,
  • sajikan nasi goreng dalam piring dan beri irisan seledri
  • sajikan bersama lalap mentimun,kubis,dan kemangi bila suka

No comments:

Post a Comment