Waktu Jelajah 5 Benua

Pada postingan yang lalu,saya pernah menceritakan tentang pengalaman saya masuk ke wahana Rumah Benua di Jatim Park 2. Pada kesempatan kali ini,saya ingin menceritakan kepada anda bagaimana suasana di dalam rumah benua itu. 
Saat penjaga wahana rumah benua menjalankan kapal petualangannya dan kami memasuki sebuah ruang gelap,kenampakan benua yang pertama muncul adalah benua Asia. Gambar di samping tidak begitu jelas karena saya memotretnya dengan kamera ponsel selagi kapal berjalan.
Kita dapat melihat di benua Asia ini terdapat candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia yang terdapat di Indonesia.
Setiap memasuki benua tertentu,benua yang sudah kami lewati dimatikan lampunya,lalu menyalalah lampu tempat benua yang sedang kami kunjungi beserta iringan musik khas benua tersebut. Apabila musik diputar, replika penduduk asli benua itu bergoyang-goyang mengikuti irama musik.
Saya begitu terkesan saat memasuki benua Afrika, para penduduk yang berpakaian timur tengah ini bergoyang mengikuti irama musik dengan nuansa timur tengah yang Islami. Sementara itu,di belakang penduduk tersebut terdapat bangunan-bangunan khas Afrika. Suasana ini benar-benar mewakili apabila anda ingin mengenalkan benua Afrika kepada anak. Tentu saja, dengan mengenalkan tentang Savannah juga, sebagaimana telah saya ceritakan pada postingan sebelumnya.


Pada perjalanan berikutnya,saya menemukan benua Amerika yang disimbolkan dengan patung Liberty seperti pada gambar di samping ini. Setiap kenampakan benua yang disajikan,selalu menggambarkan kehidupan penduduknya. Demikian pula saat mengunjungi benua Australia, kami disambut dengan suku Aborigin dan kanguru,serta rumah penduduk Australia.
Wahana rumah benua cukup efektif untuk memberikan pengalaman pada diri anak tentang benua di mana ia tinggal,serta benua-benua lain yang dihuni oleh manusia di dunia ini. Di mana setiap benua memiliki perbedaan penduduk yang meliputi warna kulit,mata pencaharian, bahasa,budaya,rumah adat,agama,dll.
Dengan membawa anak ke dalam wahana rumah benua ini tentu saja dpat menanamkan rasa menghargai pada diri anak,menghargai budaya sendiri dan bangsa lain di dunia ini.

No comments:

Post a Comment