Sepenggal Cerita Lebaran

Setiap mengunjungi pameran buku, mata saya selalu tertuju pada deretan buku resep. Beberapa bulan yang lalu,saya memang sengaja mencari-cari buku yang memuat resep kue kesayangan saya di waktu kecil,yaitu kembang goyang. Alhamdulillah waktu itu saya temukan bukunya, dan saya praktekkan membuat kembang goyang 3 hari sebelum lebaran. Kembang goyang buatan saya ini cukup krispi dan manis, tak heran para tamu suka mencicipinya.
Sahabat blog,berikut ini saya sajikan resepnya.


Bahan yang diperlukan :
  1. 200 gram tepung beras
  2. 75 gram tepung kanji
  3. 0,5 sendok teh garam
  4. 1,5 sendok teh vanili
  5. 1 butir telur (lebih baik telur ayam kampung) kocok lepas
  6. 170 gram gula pasir
  7. 325 santan
  8. pewarna makanan
  9. minyak untuk menggoreng
Cara membuat :
  1. Ayak tepung beras,tepung kanji,garam,dan vanili
  2. Campur bersama telur,gula pasir,santan,lalu aduk sampai adonan licin
  3. Beri beberapa tetes pewarna lalu aduk rata
  4. Panaskan minyak goreng agak banyak,
  5. Rendam cetakan dalam minyak sampai menyerap panas (kurang lebih 10 menit)
  6. Angkat cetakan dari minyak,lalu celupkan ke dalam adonan sampai 2/3 cetakan. Diamkan sampai adonan mendesis dan melekat pada cetakan
  7. Angkat lalu masukkan ke minyak panas
  8. Goyang-goyang cetakan sampai adonan terlepas sendiri
  9. Goreng kembang goyang sampai matang kecoklatan
  10. Angkat dan serap menggunakan tissue dapur
Hasil : 300 gram
Sumber : Tim Dapur Demedia

Pada saat diangkat dari penggorengan,mungkin kembang goyang sedikit lunak. Tidak mengapa, Kembang goyang akan mengeras sendiri setelah didiamkan beberapa menit.

No comments:

Post a Comment