RPP Tentang Organ Tubuh Manusia dan Hewan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 


Sekolah               : SDN Rejosari 
Kelas / Semester : V / 2 
Tema                   : 6 (Organ Tubuh Manusia dan Hewan) 
Subtema              : 2 (Organ Manusia dan Hewan) 
Pembelajaran ke  : 5 (lima) 
Alokasi Waktu     : 3 x 35 menit (1 Pertemuan) 

A. Kompetensi Inti 
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. 
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. 
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

B. Kompetensi Dasar 
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya. 
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi. 
3.2 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.

C. Indikator 
1. Menyebutkan tiga macam alat peredaran darah pada manusia. 
2. Menjelaskan fungsi masing-masing alat peredaran darah pada manusia. 
3. Membuat laporan tentang peredaran darah pada hewan.herbivora, karnivora, dan omnivora. 

D. Tujuan 
1. Siswa dapat menyebutkan tiga macam alat peredaran darah pada manusia. 
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi masing-masing alat peredaran darah pada manusia. 
3. Siswa dapat membuat laporan tentang peredaran darah pada hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. 

E. Materi Pembelajaran 
1. Organ peredaran darah pada manusia. 
2. Fungsi organ peredaran darah pada manusia. 
3. Peredaran darah pada hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. 

F. Metode Pembelajaran 
1. Pendekatan : saintifik (mengamati,menanya,mengumpulkan informasi, menalar, mengomunikasikan). 
2. Metode : ceramah, tanya jawab dan diskusi. 

G. Media/Alat/Sumber Belajar 
1. Media : Teks Bacaan “Alat Peredaran Darah pada Manusia” 
2. Sumber Belajar 
    a. Buku Guru Kelas V Tema 6 “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”. 
    b. Buku Siswa Kelas V Tema 6 “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”. 

H. Langkah-langkah Pembelajaran  
1. Kegiatan Awal (10 menit) 
a. Guru menunjuk salah seorang siswa untuk memimpin doa. 
b. Guru melakukan presensi kehadiran siswa. 
c. Guru melakukan apersepsi dengan meminta siswa untuk menekan pergelangan tangan kirinya dengan menggunakan jari kanannya (mengamati). Guru bertanya ”apakah kalian merasakan sesuatu?” diharapkan siswa menjawab iya. Jika masih ada yang belum guru meminta siswa mengulanginya sampai dapat. Guru mengajukan pertanyaan ”apa yang kalian rasakan?” jawaban yang diharapkan ”denyutan”. ”Ya bagus, benar denyutan. Diharapkan siswa memunculkan pertanyaan ” apa yang menyebabkan denyutan di pergelangan tangan kita?” (menanya). Guru kemudian bertanya kepada siswa ”bagaimana seandainya denyutan yang kamu rasakan di tanganmu itu berhenti?”. Guru menampung berbagai pendapat siswa dan mengarahkan bahwa hari ini mereka melakukan penyelidikan tentang penyebab denyutan tersebut. 
d. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran serta garis besar kegiatan yang akan dilakukan siswa selama proses pembelajaran. 

2. Kegiatan Inti (70 menit) 
a. Siswa menggali informasi dari bacaan “Alat Peredaran Darah Manusia” dan mencatat informasi penting yang terkandung di dalamnya (mengamati dan mengumpulkan informasi). 
b. Siswa menggambar organ jantung manusia dilengkapi dengan nama bagian-bagian dan fungsinya. 
c. Siswa menggambar organ jantung hewan karnivora dilengkapi dengan nama bagian-bagian dan fungsinya. 
d. Siswa menggali informasi dari berbagai sumber untuk menemukan konsep tentang perbedaan peredaran darah pada karnivora, herbivora, dan omnivora (mengumpulkan informasi dan menalar) 
e. Siswa membuat laporan tertulis tentang peredaran darah pada karnivora, herbivora, dan omnivora (mengomunikasikan). 

3. Kegiatan Akhir (25 menit) 
a. Guru bertanya kepada siswa tentang pertanyaan yang muncul pada saat apersepsi “ anak-anak, setelah kalian menyelidiki tentang organ peredaran darah pada manusia, dapatkah kalian menjelaskan apa yang menyebabkan denyutan pada pergelangan tangan kita?”. Dengan pemahaman yang telah diperoleh, diharapkan siswa menjawab “denyutan pada pergelangan tangan kita adalah denyutan pembuluh nadi, denyutan tersebut terjadi karena jantung memompa darah ke seluruh tubuh kita”. Guru kembali bertanya, “bagaimana seandainya denyutan tersebut berhenti?”. Diharapkan siswa menjawab “apabila denyutan di pergelangan tangan kita berhenti artinya jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh, akibatnya manusia akan mati”. 
b. Guru bersama siswa membuat kesimpulan berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. 
c. Siswa menjawab tes lisan yang diberikan guru. 
d. Guru menutup pembelajaran dengan kata-kata motivasi dan doa. 

I. Penilaian 
   1. Strategi Penilaian 
       a. Tes lisan 
       b. Tes kinerja 
       c. Penilaian produk 
   2. Bentuk Penilaian 
       a. Jawaban singkat 
       b. Lembar observasi proses menggambar 
       c. Lembar penilaian produk dan rubrik 

Selengkapnya, RPP tentang organ tubuh manusia dan hewan tersebut dapat diunduh pada link ini. Semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment