Karya Siswa : Peta Indonesia


Pada pelajaran IPS seminggu yang lalu, saya memberikan tugas kepada anak-anak untuk menggambar peta Indonesia. Sebelumnya,saya juga telah membantu mereka untuk belajar tentang peta Indonesia menggunakan media peta tempel untuk mengenal pembagian wilayah di Indonesia serta mengenal pembagian waktunya. Pada saat saya minta untuk menggambar, semula anak-anak mengeluh dan takut tidak bisa. Saya bantu mereka dengan memajang peta Indonesia yang besar di muka kelas. Saya juga membiarkan mereka menemukan gambar peta Indonesia di buku-buku lain agar dapat dijadikan contoh untuk menggambar.
Saya bantu anak-anak itu dengan terlebih dahulu memberikan kertas hvs berwarna biru,agar sekaligus dapat menjadi dasar warna lautan. Lalu saya arahkan mereka untuk membuat kotak-kotak berupa kolom dan baris sebagai dasar untuk pembagian letak wilayahnya. Setelah itu,saya biarkan mereka berkreasi sesuai dengan keterampilan mereka untuk menyalin gambar peta Indonesia. Karena belum selesai dikerjakan di sekolah, saya minta anak-anak itu untuk membawa pulang pekerjaan mereka dan memberikan warna pada peta tersebut. Setelah diwarnai,mereka menuliskan nama-nama provinsi beserta ibukotanya. 
Dengan menggambar peta Indonesia, saya ingin anak-anak memperoleh pengalaman langsung dari hasil menggambar dan menentukan letak wilayah provinsinya secara mandiri.

No comments:

Post a Comment