Menemukan Luas Trapesium dan Layang-layang dengan Metode Gunting Kertas

Pada pembelajaran tentang luas trapesium dan layang-layang di kelas 5, saya mencoba sebuah metode pembelajaran yang saya namakan dengan metode 'Gunting Kertas'. Alat yang diperlukan adalah kertas hvs warna, gunting, penggaris,dan pena atau pensil.
Saya membagikan kertas hvs warna kepada 12 siswa saya. Sebelumnya saya juga telah menyuruh mereka membawa gunting dan penggaris sebagai alat yang akan mereka gunakan saat pembelajaran.

Setiap anak mendapatkan selembar kertas hvs warna.
Ada yang mendapat warna merah,hijau,dan ada pula yang mendapat warna kuning. Mula-mula, saya meminta mereka untuk menggambar sebuah persegi panjang,lalu saya ajak anak-anak itu mengingat kembali bagaimana menentukan luasnya.

Setelah menghitung luas persegi panjang,saya ajak anak-anak itu untuk mencari luas jajargenjang dengan memotong bagian persegi panjang itu dan menyatukannya sehingga membentuk sebuah jajargenjang. Lalu, saya ajak mereka untuk menghitung luasnya. Ternyata, luas jajargenjang itu sama dengan luas persegi panjang.
Selanjutnya,saya ajak anak-anak menggambar sebuah persegi panjang yang baru dan menentukan luasnya bersama-sama, lalu saya ajak mereka untuk memotong bagian persegi panjang itu dan menyatukannya sehingga membentuk sebuah trapesium.
Setelah jadi trapesium,saya minta anak-anak untuk menghitung luasnya. Mereka menemukan bahwa luas trapesium itu sama dengan luas persegi panjang. 
Anak-anak itu dapat menemukan bahwa dari sebuah persegi panjang dapat diturunkan luas trapesium dengan persamaan luas keduanya.
Setiap jadi sebuah bangun yang baru dari persegi panjang yang diturunkan luasnya, saya minta anak-anak menempelkanya di buku tulis mereka dan menuliskan rumus luas yang telah ditemukan.
Terakhir,saya ajak anak-anak untuk membuat persegi panjang lagi dengan ukuran tertentu,lalu menentukan luasnya.
Kemudian,saya suruh mereka memotong 2 segitiga dengan ukuran berbeda pada 2 tempat di persegi panjang itu. Lalu, potongan-potongan tersebut disatukan sehingga mebentuk sebuah layang-layang.
Setelah layang-layang jadi,kami menyanyikan lagu 'Layang-layang' sebagai selingan,lalu menghitung luas layang-layang tersebut. Ternyata,luas layang-layang sama dengan persegi panjang.

No comments:

Post a Comment