Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V,terdapat materi menulis karangan. Setelah memberikan tips-tips agar siswa suka menulis pada postingan yang lalu,pada kesempatan kali ini saya ingin menyajikan bagaimana pembelajaran menulis karangan deskripsi dapat diterapkan di kelas V.
Besok,pada pembelajaran menulis karangan,saya ingin agar siswa saya menulis karangan deskripsi.
Skenario pembelajaran yang saya rencanakan adalah sebagai berikut :

  1. Membagikan 12 macam gambar yang berbeda kepada 12 siswa saya tentang hewan dan tumbuhan.
  2. Meminta semua siswa menulis kerangka karangan tentang gambar tersebut,lalu saya memeriksa kerangka yang telah dibuat oleh siswa
  3. Meminta siswa membuat draf atau konsep  karangan mereka
  4. Setelah karangan itu jadi,teman sebangku memeriksa konsep yang telah dibuat
  5. Jika konsep karangan sudah diperiksa oleh teman, siswa menulis karangan deskripsi yang sudah siap untuk disalin ke kertas yang saya bagikan berikut menempelkan gambar yang sudah saya bagi tadi di samping tulisan karangan mereka.

No comments:

Post a Comment