Menulis Super Cepat

Hari ini saya belajar tentang menulis super cepat. Saya belajar dari kegiatan KKG di gugus saya yang disampaikan oleh Bapak Muji Hartono. Beliau adalah seorang penulis yang pernah memenangkan sayembara menulis di Jakarta yang diadakan oleh pusat kurikulum dan perbukuan.
Tadi,beliau mengisi kegiatan tentang pembelajaran menulis di kelas 5, yaitu cara mengajarkan menulis pada anak kelas 5 dengan metode menulis super cepat. 
Pada saat memulai presentasi,beliau mengajak para guru untuk merefleksi diri tentang 4 golongan berikut

  1. Pintar bicara tapi kurang pintar menulis
  2. Pintar menulis tapi kurang pintar bicara
  3. Pintar menulis dan pintar bicara
  4. Kurang pintar menulis dan bicara
Kemudian beliau mengajak kepada para guru untuk melatih salah satu keterampilan yang belum dikuasai, agar menjadi guru yang terampil menulis dan berbicara.
Inti dari pembelajaran menulis super cepat yang beliau sampaikan adalah sebagai berikut :
  1. Ajaklah siswa pergi ke suatu tempat lalu biarkan siswa mengamati lingkungan tersebut
  2. Ajari siswa membuat peta kreatif . Berikan sebuah kertas kosong kepada siswa,lalu biarkan siswa menuliskan tema sentral tentang apa yang diamati,lalu biarkan siswa menulis hal-hal yang diamati pada sekitar tema sentral tersebut.
  3. Kembangkan peta kreatif menjadi tulisan yang utuh.
Pembelajaran menulis super cepat ini dapat diterapkan pada orang dewasa juga. Saya sendiri belajar membuat peta kreatif tersebut. Bentuk peta kreatif itu dapat anda lihat di sini. Sedangkan pengembangannya dalam bentuk tulisan yang utuh sebagai contoh dapat anda buka di sini.

No comments:

Post a Comment