Bunga Mawar Ibu Salamah

Hari ini pada jam pagi saya tidak mengisi kelas. Saya menyempatkan diri melihat kreatifitas ibu Salamah,seorang rekan kerja saya,guru kelas 1 yang cukup kreatif. Saya amati langkah demi langkah cara membuat mawar tersebut.
Beliau memanfaatkan barang bekas. Yaitu gelas akua bekas. Dengan sedikit tambahan bahan-bahan lain,jadilah sebuah bunga mawar yang cantik. Saya ingin menceritakan kepada anda bagaimana membuat bunga mawar dari akua bekas itu.

Untuk membuat sebuah bunga mawar, diperlukan 4 buah akua gelas yang sudah dicat. 1 buah dicat warna hijau sebagi kelopak,sedangkan yang 3 dicat merah semua,kuning semua,atau orange semua. Akua gelas yang dicat hijau dipotong menjadi 6 bagian yang sama dengan tetap menyisakan dasarnya. Sedangkan 1 gelas akua yang dicat merah atau lainnya dipotong menjadi 6 bagian pula. Sedangkan yang 2 dipotong menjadi 5 bagian yang sama dengan diberi sela-sela berupa potongan kecil-kecil sebagai benang sarinya.
Setelah keempat akua gelas itu dipotong-potong dengan pola yang dimaksud seperti di atas,disiapkan sebuah jarum pentul untuk memasukkan pola-pola tadi hingga terbentuk bunga seperti pada gambar di samping. Pada bagian paling atas, dibuat lingkaran kecil sebagai dasar pada bagian tengah bunga.Kelopak bunga dimasukkan ke jarum pentul pada langkah terakhir. Setelah jadi, jarum pentul yang ada di bagian bawah dibengkokkan/ditusukkan ke atas. Langkah terakhir adalah memberi tangkai dengan sebuah kawat dengan cara membakar kawat itu terlebih dahulu kemudian ditusukkan ke bunga yang sudah jadi. Jadilah setangkai mawar seperti pada gambar di bawah ini.
Catatan : Pola bunga yang ditusukkan paling atas dan yang ke dua adalah yang ada benangsarinya.
Pola bunga yang menjadi dasar dilipat menyerupai segitiga /kue lupis.

No comments:

Post a Comment