Keripik Kimpul Ibu Slamet

Pertemuan Ikatan Keluarga Pendidikan (IKP) / Dharma Wanita selalu menyajikan kegiatan yang menarik. Pada pertemuan tadi, salah satu SD yang bertugas memberikan kegiatan berupa cara membuat keripik kimpul. Nama 'Keripik Kimpul' mungkin merupakan nama dalam bahasa Jawa. Dalam bahasa Indonesia,kita mengenalnya dengan nama 'Keripik Talas'. Penyaji materi adalah seorang Ibu guru,bernama Ibu Slamet. Ibu Slamet tinggal dan mengajar di daerah pegunungan sehingga banyak kimpul atau talas yang bisa beliau jumpai di sana.


Cara membuat keripik kimpul cukup sederhana. Kimpul atau talas yang sudah tua dikupas,lalu diiris tipis-tipis menggunakan alat pasahan atau perajang ceriping. Setelah diiris tipis-tipis,kimpul tersebut dicuci dengan air panas hingga bersih dan peret. Untuk hasil terbaik sebaiknya 3 kali pencucian. Tujuan pencucian hingga peret atau kesat ini adalah agar kimpul tidak lengket saat digoreng.
Setelah dicuci, goreng keripik kimpul dalam minyak panas hingga matang. Setelah matang,angkat lalu tiriskan dan segera taburkan garam meja selagi keripik masih hangat. Jika keripik sudah dingin,simpan dalam toples kedap udara agar tetap renyah.

No comments:

Post a Comment