Mengajarkan Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Metode Lompat Katak

Ada banyak cara yang dilakukan guru untuk mengajarkan operasi hitung bilangan bulat. Mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Mulai tanpa peraga sampai dengan menggunakan peraga yang beraneka macam.
Pada postingan kali ini,saya ingin berbagi kepada anda bagaimana mengajarkan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas 5. Saya menamakannya metode lompat katak. Metode ini sangat sederhana,bisa dilakukan oleh guru maupun orang tua di rumah.Bahkan anak-anak dapat menjadikannya permainan yang menyenangkan.

Caranya yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
  1. Menggambar garis bilangan pada lantai keramik putih di kelas saya menggunakan spidol white board. Saya membagi garis bilangan tersebut ke dalam 3 bagian. Di tengah adalah titik 0,lalu ke arah kanan setiap 1 petak keramik saya beri angka yang menunjukkan bilangan positif : 1,2,3,4,5,dst. Ke arah kiri dari titik 0 itu saya beri angka yang menunjukkan bilangan negatif :-1,-2,-3,-4,-5,dst.
  2. Meminta seorang siswa berdiri pada titik 0
  3. Memberikan instruksi kepada siswa tersebut. Misalnya :"Berjalanlah ke arah kanan 5 langkah. Lalu berjalanlah ke arah kiri 7 langkah. Berada pada titik berapa kamu sekarang ?". Setelah siswa menjawab,lalu saya melontarkan pujian dan menyuruh anak.Misalnya: " Anak pandai,coba tuliskan di papan tulis operasi hitung yang telah kamu lakukan dari lompatan tadi". Lalu saya bertanya kepada anak-anak yang lain tentang kebenaran jawaban teman mereka.
  4. Meminta anak melakukan pertandingan kelompok. Di mana setiap kelompok membuat perintah kepada anak dari kelompok lain untuk memperagakan soal operasi hitung bilangan bulat dan menentukan benar atau salahnya jawaban anak yang melakukan peragaan.

No comments:

Post a Comment