Active Learning dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar

Sahabat guru,apa yang anda lakukan saat mengajar IPS ? Berceramah,berdiskusi,atau memberikan tugas, mungkin itu adalah sederet hal-hal yang biasa kita lakukan.
Pada postingan kali ini,saya ingin mengajak anda untuk memahami tentang belajar aktif atau active learning . Active learning  adalah pendekatan belajar yang merujuk pada proses aktif seseorang dalam belajar,atau dapat juga berarti aktif belajar dengan caranya sendiri.
Untuk mulai menggunakan teknik belajar aktif dalam pengajaran IPS di dalam kelas,ada 2 hal pemting yang harus dilakukan guru :


  1. Menyajikan pertanyaan yang menggugah atau memancing siswa mencari jawaban atas topik yang dibicarakan
  2. Memberikan waktu kepada siswa untuk mencerna semua hasil diskusi dan membuat kesimpulan sendiri.

Contoh-contoh belajar aktif yang dapat dipraktekkan di kelas antar lain :

  1. Mendengar aktif : guru menyajikan materi lalu siswa diberi kesempatan diskusi dengan teman sebangkunya atau dengan teman lain yang lebih pandai. Kedua siswa menyampaikan kembali informasi yang didengar dari guru,lalu mereka berdua saling melengkapi informasi.
  2. Menulis aktif : Siswa menuliskan kembali hasil informasi yang diperoleh,baik dari buku,hasil diskusi dari topik yang diperlajari,maupun informasi yang diperoleh dari teman. Siswa diminta menulis kembali dengan bahasanya sendiri dengan bantuan pertanyaan pancingan dari guru.
  3. Pembelajaran aktif berbasis visual : dapat dilakukan dengan menonton film,video,internet,slide,demonstrasi,atau peragaan kasus terkait materi yang disampaikan
  4. Curah gagasan :  pemberian kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan ide sebanyak-banyaknya mengenai topik diskusi yang sedang berlangsung.
  5. Pembelajaran kolaboratif : kegiatan ini merupakan kolaborasi antara guru dan siswa dalam menghasilkan pertanyaan atas topik diskusi,mendiskusikan topik,hingga pengambilan kesimpulan bersama
  6. Bermain peran,drama,dan simulasi : kegiatan ini dapat merangsang kualitas pemahaman siswa akan konsep,mematangkan keberanian berpendapat,serta memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan fakta-fakta yang sudah dipelajari.
Sumber bacaan : Pembelajaran IPS Kreatif (Riani Cahyani,S.PSi.,penerbit Balai Pustaka )

No comments:

Post a Comment