Hasil Diskusi Siswa Kelas V SDN Rejosari

Saat siswa berdiskusi,pada hakikatnya mereka sedang membangun kepercayaan diri dan keberanian untuk berinteraksi dengan orang lain. Diskusi kelompok yang telah saya rancang untuk pembelajaran IPS materi pokok kerajaan Hindu,Budha,dan Islam, terbukti  efektif untuk membantu mereka memahami materi yang cukup luas tersebut.
Setelah siswa berdiskusi,saya minta mereka presentasi. Lalu lembar hasil diskusi mereka saya nilai dan saya pajang di kelas.

Ada satu hal yang menggelitik saat saya membaca hasil diskusi salah satu kelompok. Ada kesalahan menulis nama Adipati Unus menjadi Adipati Anus. Spontan saja saya tertawa membacanya. Memang dalam minggu kemarin dalam waktu hampir bersamaan, pembelajaran IPA tentang pencernaan makanan juga tengah saya sampaikan. Tak heran anak dalam kelompok tersebut masih mengingat istilah 'anus',yang merupakan final dari sistem pencernaan. 

Mari kita lihat hasil diskusi salah satu kelompok tersebut di sini !

No comments:

Post a Comment