Saat Siswaku Bermain Drama

Bawang Putih,Ibu,Bawang Merah,Paman Penggembala,Paman Petani,Paman Pemberi Labu
Sahabat blog,inilah kelompok 1 permainan drama pendek di kelas saya. Mereka mengambil cerita Bawang Merah Bawang Putih. Secara umum,anak-anak di atas sudah dapat memainkan perannya dengan baik. Hanya saja saya menangkap beberapa hal lucu dan janggal dari penampilan mereka. Meski mereka belum menyadari kekeliruannya , saya telah mengulas sebagai balikan bagi penampilan mereka. Saya sampaikan dan jelaskan pada akhir penampilan sebagai komentar dan konfirmasi atas penugasan drama yang saya berikan.Catatan saya tentang penampilan kelompok 1 adalah sbb :


  1. Tanpa prolog, ibu bawang putih dan bawang merah langsung berteriak-teriak di awal cerita dengan memanggil-manggil bawang putih dan menyuruhnya mencuci
  2. Saat mencuci di sungai, kain yang dicuci oleh bawang putih dibuang ke sungai oleh bawang putih sendiri,bukannya terhanyut
  3. Bawang putih tidak menunjukkan muka sedih,tapi berperan sangat ceria
  4. Terjadi kelupaan dialog di rumah paman pemberi labu sehingga bawang putih dan paman pemberi labu berdialog dengan jeda yang lumayan lama
  5. Saat bawang merah dan ibunya  mati digigit ular,setelah itu ibunya masih sempat mengutarakan epilog drama sambil tertawa.
Itulah beberapa catatan yang saya anggap lucu dari penampilan kelompok 1. Adapun penampilan kelompok 2, saya mempunyai catatan sbb :

  1. Sama dengan kelompok 1, tanpa prolog, tiba-tiba Malin Kundang berpamitan kepada ibunya dengan membawa bungkusan kain
  2. Saat Malin Kundang mendorong dan menyakiti ibunya, sang ibu malah tertawa
  3. Saat dikutuk oleh ibunya, Malin kundang dan istrinya malah duduk manis di kursi, bukan berakting tragis dan sedih 
  4. Setelah mengutuk malin,tiba-tiba sang ibu mengutarakan epilog untuk mengakhiri cerita 

Istri Malin,Ibu,Saudagar Kaya,Petuah,Malin,Warga
Demikian catatan saya dari penampilan mereka, meski lucu saya menilai anak-anak itu telah mampu menampilkan drama sederhana dengan kreasi mereka sendiri. Semoga di lain kesempatan  saya dapat menyajikan video yang telah saya ambil dari penampilan mereka.

No comments:

Post a Comment