Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Diskusi Kelompok

Pada materi awal IPS di kelas V,  sejarah kerajaan Hindu,Budha,dan Islam beserta peninggalan sejarahnya adalah fokus yang dibahas. Pada pertemuan yang lalu dengan anak-anak,saya telah menyampaikan materi tersebut dengan ceramah bervariasi. Variasi itu saya lakukan dengan tanya jawab,menunjukkan peta kerajaan Hindu,Budha,dan Islam,mempertontonkan gambar-gambar peninggalan sejarah dengan LCD,dan mengaitkan peninggalan sejarah tersebut dengan peninggalan sejarah yang ada di sekitar tempat tinggal.
Untuk memperdalam pemahaman siswa tentang Kerajaan Hindu,Budha,dan Islam, saya berencana untuk mengadakan diskusi kelompok. 12 anak di kelas saya akan dibagi ke dalam 3 kelompok,di mana setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Saya telah menyiapkan lembar diskusi yang terperinci untuk dibicarakan dalam kelompok. Lembar diskusi itu meliputi Kerajaan Hindu,Budha,Islam,beserta letak,nama-nama raja,dan peninggalan sejarahnya. Saya juga menyajikan gambar-gambar peninggalan sejarah dan tokoh-tokoh untuk mereka namai.
Lembar diskusi kelompok itu saya rancang seperti ini : Klik Di Sini
Melalui diskusi tersebut,saya mengharapkan anak-anak dapat :

  1. Menghargai keanekaragaman di Indonesia
  2. Mengetahui peninggalan sejarah dari Kerajaan Hindu,Budha,dan Islam Indonesia
  3. Memahami sejarah kerajaan Hindu,Budha,dan Islam 
  4. Mengambil nilai-nilai positif dari tokoh-tokoh pada masa kerajaan Hindu,Budha,dan Islam

No comments:

Post a Comment