Asyiknya Bermain Cahaya

Usai pesta siaga, waktu pembelajaran kembali normal seperti semula. Setelah istirahat ke dua, kami menuju ke ruang perpustakaan untuk mendemonstrasikan sifat-sifat cahaya. Sekolah kami belum memiliki laboratorium, sehingga kami menuju ke ruang perpustakaan yang dapat dibuat gelap dengan menutupkan gordin dan pintu.
Pada percobaan pertama, ada 3 buah karton yang kami lubangi dengan pena setinggi lilin yang telah disiapkan. Karena tidak ada penjepit kertas, kami menggunakan beberapa buah buku untuk mengatur ketiga karton A,B, dan C sehingga lubang-lubang itu terletak pada satu garis lurus. Karton A diletakkan paling dekat dengan lilin, lalu diikuti oleh karton B dan C. Setelah itu, kami melihat cahaya lilin dari lubang karton C.
Ternyata, kami dapat melihat cahaya lilin melalui lubang karton tersebut. Saat salah satu karton digeser,cahaya lilin tidak tampak lagi. Dari sini kami menyimpulkan bahwa cahaya merambat lurus.
Percobaan selanjutnya adalah tentang pencerminan pada cermin datar, cermin cekung,dan cermin cembung. 
Sungguh menyenangkan bermain pencerminan menggunakan lilin dan cermin itu. Kami memperoleh kesimpulan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung sebagai berikut :

  • Cermin datar : bayangan tegak, maya, besar benda sama dengan bayangan, jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin, posisi benda terbalik yang kanan menjadi kiri dan yang kiri menjadi kanan
  • Cermin cekung : bayangan terbalik,maya, dan diperkecil
  • Cermin cembung : bayangan tegak, maya, dan diperkecil



No comments:

Post a Comment