Seberkas Bianglala di Atas Meja

Hari berganti,malam berlalu. Hidup mengalir dengan warna-warna yang berbeda.
Seperti saat ini, dalam seberkas warna malam yang gelap,saya ingin menuangkan tujuh warna di atas layar dalam sebuah karya sederhana yang saya beri judul "Bianglala di Atas Meja".
Membaca judulnya, anda mungkin membayangkan bahwa saya tengah menulis cerita fiksi. Membayangkan sebuah pelangi, di mana pelangi itu menghiasi meja. Namun ternyata bukan.  
Sahabat pembaca, sudah lama sekali saya ingin membuat media ini. Bahkan sebelum saya belajar tentang VBA pada powerpoint, saya memiliki angan-angan untuk membuat sebuah media yang dapat membantu anak mengenal nama-nama pelangi dengan mudah.

Malam ini saya menyajikan media tersebut untuk putra-putri anda. 
Media satu slide ini mengajak anak-anak untuk mengenal warna-warna pelangi. Pada bagian atas,saya menyajikan animasi Mickey Mouse bergerak dan tulisan pengantar yang mengajak anak untuk mengklik kotak-kotak pada bagian bawah slide tersebut. Saya membuat kotak warna-warni yang bertuliskan  suku kata awal nama warna yang dimaksud. 
Apabila kotak tersebut diklik, akan muncul warna pada layar sesuai dengan nama warna pada kotak. Misalnya, anak mengklik kotak "ME", maka akan muncul seberkas warna merah di atasnya. Apabila anak mengklik kotak "HI",akan muncul warna hijau,dst. Warna-warna tersebut tidak akan hilang apabila anak mengklik kotak-kotak yang lain. Jika semua kotak warna selesai diklik, akan tampak pada layar tersebut seberkas bianglala yang indah. Demikianlah,mengapa saya menamakan media ini "Seberkas Bianglala di Atas Meja". Anda dan buah hati dapat melihat seberkas bianglala di atas meja, dengan ditambah keceriaan lagu "Pelangi-Pelangi" yang saya sisipkan pada saat slide ditayangkan.
Anda dapat mengunduh media ini di sini. Ajaklah putra-putri anda mengenal warna-warna pelangi dan menghafal nama-namanya. Selamat mencoba,semoga bermanfaat. Salam edukasi !

No comments:

Post a Comment