Melatih Keberanian Siswa dengan Presentasi

Seusai mengajar sembari santai sejenak, saya ingin merefleksi pembelajaran yang telah saya lakukan kemarin.
Seperti yang telah saya rencanakan, saya membuat lembar kerja kelompok IPS untuk anak-anak dan meminta mereka berdiskusi tentang kerajaan Hindu,Budha,Islam, beserta peninggalan sejarahnya. Luar biasa,mereka dapat menuangkan hasil diskusi dalam format yang telah saya buat dengan lengkap.
Setelah berdiskusi, saya meminta mereka untuk menyajikan hasil diskusinya di depan kelas. Kelompok lain saya minta untuk menanggapi dengan memberikan informasi dan komentar. Saya merasa diskusi kelompok dan presentasi cukup efektif untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri anak, membuat mereka terampil berkomunikasi dengan orang lain, dan menemukan pengetahuan baru secara mandiri.

No comments:

Post a Comment