Werkudhara

Menulis aksara Jawa secara umum lebih mudah daripada membacanya. Rata-rata siswa saya sudah terampil untuk menulis aksara Jawa dengan menggunakan sandhangan seperti layar,suku,cecak,wulu,pepet,dsb.
Tadi,saya mengambil inisiatif untuk memberi tugas kepada mereka membaca aksara Jawa dengan cara menuliskan latinnya terlebih dahulu. Saya membagi lembar berisi sebuah bacaan yang bertuliskan aksara Jawa untuk dikerjakan secara berpasangan dengan teman sebangku. Dalam kerja pasangan tersebut siswa terdorong untuk saling membantu dan melengkapi dalam mengartikan tulisan Jawa menjadi latin.
Setelah jadi,saya minta anak-anak itu membacakan hasil tulisannya di depan kelas. Hasilnya menakjubkan,ternyata semua anak itu bisa dan dapat memahami isi dari bacaan yang berjudul 'Werkudhara' tersebut.

Berikut ini adalah link untuk melihat hasil tulisan siswa saya :

Werkudhara Kelompok 1
Werkudhara Kelompok 2

No comments:

Post a Comment