Menulis Laporan Kunjungan

Beberapa hari yang lalu saat pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis laporan kunjungan, saya menugaskan anak-anak untuk mengunjungi perpustakaan. Kunjungan tersebut saya beri waktu kira-kira 20 menit. Nama perpustakaaan di sekolah kami adalah perpustakaan Lintang. Saya sengaja memilih perpustakaan sebagai tujuan kunjungan anak-anak dengan pertimbangan dekat lokasinya dan tidak memerlukan waktu lama untuk melakukan pengamatan atau wawancara kepada petugas yang berada di sana.

Sebelum melakukan kunjungan, saya memberikan contoh format laporan  sederhana yang mudah untuk dipahami siswa. Setelah menerima penjelasan,mereka saya bagi dalam kelompok yang terdiri dari 3 siswa setiap kelompoknya.
Sesampainya di perpustakaan,anak-anak melakukan pengamatan dan wawancara kepada petugas perpus.Lalu mereka menuliskan informasinya di lembar laporan kunjungan yang telah disiapkan sebelumnya. Melalui kunjungan tersebut saya berharap anak-anak dapat belajar untuk mencari informasi dan menyampaikannya secara tertulis dalam bentuk laporan.

No comments:

Post a Comment