Sebuah Kantong Plastik

Di suatu siang yang terik sepulang mengajar, saya pergi berbelanja untuk sebuah keperluan. Saya membeli sebuah baju koko,sajadah, sprei,dan selimut,beserta 6 buah kertas kado. Berat sekali bawaan saya yang serba kain itu. Ketika  tiba di sebelah utara alun-alun saya merasakan sesuatu yang berbeda dengan kendaraan saya. Oh, ternyata ban belakang motor saya bocor.
Saya lalu menepi dan berjalan perlahan hingga menemukan sebuah bengkel. Bengkel kecil di dekat trotoar itu mempunyai sebuah kursi bambu yang agak panjang sehingga memungkinkan saya untuk berteduh di sana. 
Belum selesai pemuda bengkel itu menambal ban belakang motor saya, angin bertiup kencang,langit menjadi gelap,dan turunlah hujan deras. Kemudian saya merasa cemas dengan barang belanjaan saya. "Bagaimana saya mengamankan bahan-bahan kain ini dari hujan ? Tidak mungkin menunggu hujan reda, bisa pulang terlambat nanti",pikir saya sambil mencari-cari ide untuk bisa pulang.

Tiba-tiba saja, ada sebuah kantong plastik yang sangat besar tersangkut di bawah ban motor yang terparkir tepat di depan saya. Saya raih kantong plastik itu,lalu saya meminta kepada pemuda bengkel kantong plastik itu untuk saya. Meski saya tahu sebenarnya kantong plastik itu sudah dibuang, tetapi saya tetap meminta izin untuk mengambilnya karena masih bagus. Segera saja saya tutupkan kantong plastik itu ke barang belanjaan saya yang telah dikemas dalam sebuah kantong plastik yang semula masih terbuka di bagian atasnya. Kini, rapatlah belanjaan serba kain itu dengan balutan 2 buah kantong plastik besar.
Hujan disertai angin masih mengguyur. Saya mengambil mantol lebar di jok motor. Ternyata di jok itu ada 2 buah buku,sehingga tidak mungkin saya menambah muatannya.
Setelah mantol saya kenakan, saya minta pemuda bengkel itu meletakkan belanjaan saya di bagian depan motor dan segera saya menutupnya dengan mantol. Amanlah semuanya,pikir saya kemudian melaju pulang.
Dari pengalaman ini, saya hanya ingin menuliskan sebuah pesan, jangan sia-siakan kantong plastik ! Mungkin, saat ini anda tidak membutuhkannya, namun suatu hari bisa jadi anda mencari-cari sesuatu yang telah dibuang dulu. Hargailah hal kecil, barangkali hal kecil itu membantu anda di saat sulit !

No comments:

Post a Comment