Media Pembelajaran

Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari medium (Djamarah dan  Aswan,2002:136). Secara harfiah media dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa (Sadiman,dkk.). Salah satu ciri media pembelajaran sebagaimana yang dijelaskan oleh Arsyad (2010:81) adalah membawa pesan atau informasi kepada penerima yaitu siswa. Pesan atau informasi yang dibawa oleh media bisa berupa pesan yang sederhana dan bisa pula pesan yang amat kompleks. Keberadaan media pembelajaran dapat membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Dengan menggunakan media, diharapkan siswa menjadi lebih paham akan materi yang disampaikan oleh guru sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Dalam usaha pemanfaatan media pembelajaran, Edgar Dale melakukan klasifikasi terhadap tingkat pengalaman siswa dalam belajar dari yang paling konkret sampai yang paling abstrak. Tingkat pengalaman tersebut berdasarkan pada seberapa banyak indera yang terlibat di dalamnya. Kerucut pengalaman Dale diilustrasikan pada gambar di bawah ini.


Hasil gambar untuk kerucut pengalaman dale
Berdasarkan analisis Dale, pengalaman belajar konkret secara langsung dialami siswa terletak di bagian bawah kerucut,  mendapat tempat utama dan terbesar, sedangkan belajar melalui abstrak berada di puncak kerucut. Semakin tinggi tingkat pengalaman belajar menunjukkan bahwa semakin banyak indera yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan karakteristik pembelajaran aktif di mana siswa tidak hanya menerima, tetapi juga berpartisipasi dan melakukan sesuatu selama proses pembelajaran sehingga pengalaman yang mereka peroleh menjadi lebih bermakna.

Jenis-Jenis Media Pembelajaran 
Dalam melakukan klasifikasi terhadap jenis-jenis media, banyak taksonomi dengan berbagai pendekatan dikembangkan oleh ahli media. Dalam pembahasn ini, akan dipaparkan jenis-jenis media berdasarkan taksonomi Rudy Bretz yang dikembangkan oleh Munadi (2012:54), yakni media audio, media visual, media audio visual, dan multimedia. Keempat jenis media tersebut akan dirinci dalam penjelasan berikut.
1. Media audio 
Media audio adalah media yang hanya melibatkan indera pendengaran dan hanya mampu memanipulasi kemampuan suara semata. Ditinjau dari sifat pesan yang diterima, media audio menerima pesan verbal dan nonverbal. Pesan verbal berupa bahasa lisan atau kata-kata, dan pesan nonverbal berupa bunyi-bunyian dan vokalisasi, seperti gerutuan, gumam, musik, dan lain-lain. Contoh media audio antara lain radio, tape recorder, kaset, compact disc (CD), alat perekam pita magnetik, dan laboratorium bahasa.
2. Media visual 
Media visual adalah media yang hanya melibatkan indera penglihatan. Termasuk dalam jenis ini adalah media visual-verbal, media visual nonverbal- grafis, dan media visual nonverbal-tiga dimensi. Contoh media visual tersebut dirinci sebagai berikut.
Media visual-verbal  
Contoh media visual verbal antara lain buku, majalah, koran, poster, modul, dan komik.
Media visual grafis
Contoh media visual grafis antara lain gambar/foto, sketsa, grafik (graph) , diagram, bagan (chart), kartun, peta/globe, papan flanel, dan papan buletin.
Media visual-nonverbal tiga dimensi
Contoh media visua-nonverbal tiga dimensi antara lain minatur, mock up, specimen, dan diorama.
3. Media audio visual
Media audio visual adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses. Sifat pesan dalam media ini dapat berupa pesan verbal dan nonverbal. Contoh media audio visual antara lain film, video, televisi.   
4. Multimedia 
Multimedia yakni media yang melibatkan berbagai indera dalam sebuah proses pembelajaran. Dalam penerapannya, multimedia menggunakan komputer sebagai perangkat. Beberapa bentuk multimedia berbasis computer yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah multimedia presentasi, multimedia interaktif, sarana simulasi, dan video pembelajaran.   

No comments:

Post a Comment