Mari Menemukan Volume Kubus dan Balok

Pembelajaran matematika pagi tadi sungguh menyenangkan. Ibu guru mengajak kami bermain lego warna-warni. Ada yang berwarna kuning, hijau, biru, dan merah. Lego yang berwarna kuning dan hijau berbentuk kubus, sedangkan yang berwarna biru dan merah berbentuk balok. Ibu guru menjelaskan kepada kami bahwa setiap kubus dan balok itu adalah kubus dan balok satuan.

Sebelum kami menyusun lego tersebut, ibu guru bertanya kepada kami tentang ciri-ciri kubus dan balok yang pernah dipelajari di kelas 4.



Ibu guru meminta kami menyusun sebuah kubus dari beberapa lego. Setelah jadi, kami menghitung volume kubus itu dengan cara menghitung jumlah kubus satuannya. Ada kelompok yang menemukan volume 8 kubus satuan, ada yang 27 kubus satuan,ada pula yang menemukan volume hingga 64 kubus satuan.

Selanjutnya, ibu guru meminta kami menghitung panjang rusuk dari setiap kubus yang kami bangun. Semua rusuk kubus adalah sama.
Anak yang menemukan volume 8 kubus satuan akan mengatakan bahwa rusuknya adalah 2 balok satuan.
Anak yang menemukan volume 27 kubus satuan akan mengatakan bahwa rusuknya 3 kubus satuan.
Kemudian,kami memperoleh kesimpulan bahwa volume kubus satuan ditentukan dengan cara mengalikan rusuk-rusuknya hingga tiga kali, yaitu rusuk x rusuk x rusuk.
Pada penemuan rumus volume balok, ibu guru memberikan instruksi yang sama sehingga kami sudah bisa memahaminya. Kami menemukan bahwa volume balok dapat ditemukan dengan cara mengalikan jumlah balok satuan yang menjadi panjang dengan jumlah balok satuan yang menjadi lebar,lalu dikalikan lagi dengan jumlah balok satuan yang menjadi tinggi. Kini kami pun mengerti bahwa volume balok adalah panjang x lebar x tinggi.

No comments:

Post a Comment