Membuat Layang-Layang

Hari ini, kelas kami melaksanakan kegiatan membuat layang-layang. Kami membuat layang-layang dengan berkelompok yang terdiri dari 4 orang. Kami membagi tugas dalam kelompok, setiap anak berkewajiban membawa bahan-bahan yang diperlukan. Antara lain : bilah bambu 2 batang untuk diagonal layang-layang, kertas minyak, lem kertas, benang, dan gunting. Kami telah memotong bilah bambu dari rumah,menyiapkan diagonal dengan ukuran tertentu dan mengikatnya dengan seimbang. Kami melakukannya bersama-sama dalam kelompok,ada yang memegang bilah bambunya,ada pula yang mengikatkan benangya ke empat sisi diagonal itu.

Setelah kerangka layang-layang jadi, kami menggunting kertas minyak untuk ditempelkan ke kerangkanya. Bermacam-macam  warna digunting dan ditempel pada kerangka itu. Ada yang membuat layang-layang pelangi,layang-layang merah,dan layang-layang merah kuning. Setelah menjadi layang-layang, kami membuat ekornya. Ekornya kami sesuaikan dengan layang-layang yang telah jadi agar seimbang.
Kemudian,layang-layang yang telah jadi itu kami hitung luasnya dengan mengukur panjang diagonalnya terlebih dahulu. Hasil penghitungan luas itu kami laporkan dalam selembar kertas.
Ternyata mudah membuat layang-layang. Kami pun mengerti bagaimana menghitung luas layang-layang secara nyata. Kami mengerti jika diagonal 1 dikalikan diagonal 2 akan dan dibagi 2 maka akan menghasilkan luas layang-layang.
Sebenarnya,kami berencana menerbangkan layang-layang di sawah depan sekolah. Namun karena cuaca kurang bersaahabat,kami belum bisa melakukannya hari ini. Ibu guru hanya meminta kami berlari di depan kelas dengan membawa layang-layang yang sudah jadi itu. Tes terbang itu kami lakukan sepanjang 20 meter,dari muka kelas 4 sampai kelas 6. 
Ada anak yang berlari membawa layang-layang kelompoknya, sedangkan anak-anak lainnya menonton sambil mengomentari atau memuji. Kami senang sekali meski hanya dapat berlari di muka kelas, kami bangga dengan hasil karya kami. Coba klik di sini untuk melihat si pembawa layang-layang itu

No comments:

Post a Comment