Sapu Tangan Cantik

Hari ini ulangan akhir semester 1 praktik. Pada pelajaran seni budaya bidang keterampilan, ibu guru memberi tugas kepada kami untuk membuat sapu tangan dengan teknik ikat celup.
Dari 12 anak di kelas kami,masing-masing mendapat sebuah kain mori berukuran 25 cm x 25 cm. Lalu,kami merencanakan pola yang akan kami buat.
Kami membentuk pola menggunakan kelereng maupun kerikil, lalu kami ikat kelereng dan batu itu dalam kain mori menggunakan karet gelang.
Selanjutnya,kami basahi kain mori yang telah diberi kelereng dan batu itu dengan air dingin. 
Lalu kami merebus air beberapa gelas. Setelah air itu mendidih,kami beri pewarna pakaian. Ada yang menggunakan pewarna oranye,ada pula yang menggunakan pewarna hijau. Kami masukkan kain ke dalam air, dan memasaknya selama 30 menit sembari diaduk-aduk dengan kayu. 
Setelah 30 menit,kain kami angkat lalu kami tiriskan. Kami buka satu demi satu ikatan karet yang membungkus kelereng atau kerikil tersebut. Terakhir,kami bilas kain itu dengan air bersih dan kami jemur hingga kering. Supaya halus, kain-kain itu diseterika,hingga jadilah sapu tangan yang cantik dengan pola-pola lucu.

No comments:

Post a Comment