Masakan dari Kebun

Hai sahabat, bagaimana dengan kesibukan anda? Semoga menyenangkan segala sesuatunya.
Pada sore hari ini saya ingin sedikit menulis resep masakan ala saya. Menu masakan ini saya beri nama "daun singkong santan pedas". Saya sengaja memberi judul postingan ini dengan nama "Masakan dari Kebun", mengingat bahan-bahan yang saya peroleh berasal dari kebun keluarga kami. Daun singkong yang ranum dan buah kelapa yang tua sedang itu saya padukan dengan beberapa bumbu dapur hingga terciptalah menu sederhana untuk keluarga. Penasaran bukan,bagaimana saya memasaknya?

Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • daun singkong 1ikat
  • santan kelapa 500 ml
  • minyak goreng 3 sendok makan
  • bawang merah 4 siung
  • bawang putih 2 siung
  • ketumbar 1 sendok teh
  • lengkuas 1 cm
  • kunyit 1/2 cm
  • daun salam 1 lembar
  • cabai merah 7 buah, bisa ditambah atau dikurangi menurut selera
  • garam 1 sendok makan
  • gula jawa secukupnya
  • air 200 ml
Cara membuat :


  • rebus daun singkong hingga empuk namun jangan terlalu lama agar warnanya tetap hijau,tuntas lalu tiriskan dan potong-potong bila daun singkong terlalu panjang
  • haluskan ketumbar,kunyit,bawang merah,bawang putih, dan cabai
  • memarkan lengkuas
  • panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum
  • masukkan lengkuas dan daun salam
  • tambahkan air,masukkan gula dan garam
  • masukkan daun singkong, aduk-aduk sebentar
  • masukkan santan dan biarkan hingga mendidih
  • cicipi rasa masakan, tambahkan gula,garam,atau penyedap rasa bila perlu
  • sajikan sayur dalam mangkuk bulat atau oval bersama nasi hangat dan lauk-pauk

No comments:

Post a Comment