Tips-Tips Belajar

Saya operator sekolah,hampir setiap saat berhadapan dengan laptop dan komputer. Saya ingin berbagi sedikit cerita pengalaman saya pada kesempatan saat saya tidak sedang mengajar seperti sekarang.
Belum lama ini,sekitar 2 minggu yang lalu,saya mendapat tugas untuk menginstall aplikasi simda/ inventaris barang daerah. Semula saya merasa kesulitan,tapi setelah saya coba dengan mengerahkan segenap pikiran ,akhirnya saya berhasil. Pada percobaan instalasi,saya menghabiskan waktu hampir 3 hari untuk memikirkan instalasi simda tersebut. Akhirnya saya berhasil install,tetapi belum bisa login. Saya juga bertanya via sms kepada operator sekolah lain. Anehnya,sebelum opeator tersebut menjawab sms saya,saya sudah berhasil melanjutkan proses installnya,bahkan pada saat hampir final,saya merasakan kesulitan untuk login autentifikasi server. Saya lalu sms lagi ke operator sekolah lain. Sebelum dijawab sms itu,saya sudah bisa login dan berhasil masuk ke sistem. Dari pengalaman saya dalam bekerja,saya punya tips-tips belajar sebagai berikut :

  • Jangan menyerah.Apabila menemui kesulitan,pelajari terus,bertanyalah untuk mencari jawaban
  • Berulang-ulang. Proses belajar yang dilakukan berulang-ulang akan meninggalkan bekas. Bahkan,saya mengulangi proses install tersebut pada laptop-laptop lain
  • Bersemangat. Semangat adalah bara api yang menyalakan hidup kita
  • Cari alternatif. Jika belajar dari satu cara terasa sulit,cobalah cara yang lain
  • Bagikan pengalaman anda. Jika anda sudah belajar,berbagilah tentang bagaimana anda belajar sehingga dapat membentuk konstruksi pengetahuan yang kokoh pada pikiran anda.

No comments:

Post a Comment