Ceritaku tentang Savannah


Savannah adalah sebuah wahana di Jatim Park 2. Savannah merupakan kampung Afrika. Saat memasuki wahana tersebut,saya memasuki sebuah lorong kaca dengan panjang sekitar 200 meter dengan ketinggian kurang lebih 5 meter, di mana di kanan kiri lorong itu terdapat kehidupan fauna asli Afrika yang berbaur seperti di alam bebas. Ada 13 macam fauna Afrika yang menghuni kampung Savannah. Di kampung Savannah terdapat pula rumah adat Afrika beserta patung-patung penduduk Afrika pedalaman. 

Dengan berjalan di sepanjang lorong Savannah,saya dapat merasakan berada di alam Afrika. Melihat fauna di dalamnya secara nyata seperti dalam kehidupan liar. 
Saya tidak menghafal nama-nama semua penghuni Savannah secara persis, hanya beberapa yang saya benar-benar tahu namanya. Lorong Savannah cukup datar dan landai,sehingga tidak terlalu melelahkan menyusurinya. 
Dalam kampung Savannah, tidak ada batas antara tempat hidup hewan yang satu dengan yang lain. Mereka menyatu, tetapi untuk makan dan minum, saya mengamati bahwa mereka berkelompok dengan spesies yang sama. Tentu saja karena jenis makanan fauna tersebut berbeda-beda antara satu spesies dengan spesies lain.
Pada gambar di bawah ini kita dapat melihat 2 ekor zebra sedang makan bersama dalam sebuah tempat kayu. 

Savannah memungkinkan bagi anda untuk membelajarkan kepada anak tentang hidup bersama dalam keanekaragaman. Meski mereka berkelompok dalam spesies yang sama, tetapi hal itu tidak menghalalgi mereka untuk bisa hidup berdampingan dengan spesies lain dalam satu kampung bernama Savannah.


No comments:

Post a Comment