Teacher's Games Tournament

Pada kesempatan kali ini,saya ingin bercerita tentang kegiatan KKG di gugus saya. Tadi, kegiatan KKG diisi oleh 2 ibu guru nasrasumber dari sekolah yang berbeda. Mereka berdua menyajikan materi yang sangat menarik. Materi yang disajikan adalah Model pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament) dalam pembelajaran Matematika kelas VI tentang menghitung luas segi banyak. Saya lalu menyebutnya Teacher's Games Tournament karena yang berperan dalam pembelajaran ini dan menjadi subjek adalah para guru. Lucu juga di saat guru harus kerja kelompok seperti siswa.Skenario pembelajaran yang disajikan oleh narasumber adalah sebagai berikut
  1. Menyajikan presentasi menggunakan power point tentang luas segi banyak
  2. Membagi kelompok sesuai jumlah SD. Setiap kelompok mendapat 5  buah bangun datar yang sama bentuk dan ukurannya. Kelompok kami mendapat bangun layang-layang. Sedangkan kelompok lain ada yang mendapat lingkaran,persegi,persegi panjang,belah ketupat,trapesium,segitiga sama kaki,dan trapesium
  3. Membagikan lembar kerja kelompok dan format penilaian di mana salah satu anggota kelompok menjadi juri menilai kinerja timnya secara individual.
  4. Setiap bangun datar yang diperoleh warnanya berbeda dengan lainnya. Setelah memeperoleh bangun datar,setiap kelompok harus menuliskan rumus bangun datar itu di bagian belakang bangun dan menuliskan ukuran-ukurannya
  5. Menukar 4 bangun datar dengan bangun datar yang lain dari kelompok yang berbeda,sedangkan 1 buah bangun datar ditinggal dalam kelompoknya
  6. Setelah mendapat bangun datar dari kelompok lain, saatnya tim menggabungkan bangun datar yang mungkin untuk digabungkan dengan kombinasi yang berbeda sebanyak-banyaknya. Lalu luasnya dihitung. Tadi,penggabungan hanya dilakukan dengan menggambar bentuk kombinasi bangun segibanyak pada kertas hvs. Jika mengajarkan kepada siswa,kita dapat meminta siswa langsung menggabungkan bangun datar yang warna-warni itu dan meminta mereka untuk menempelnya. Hal ini akan terlihat menarik bagi anak-anak.
  7. Setelah kombinasi dan penghitungan rumus selesai,serta  juri tim selesai menilai, pekerjaan dikumpulkan. Kami berhasi membuat 15 macam gabungan bangun datar beserta menghitung luas segi banyak itu.
  8. Narasumber menyeleksi hasil kerja tim yang terbaik, lalu mengumumkan juaranya dan memberikan reward berupa hadiah. Tadi,kelompok kami mendapat juara 2 dan memperoleh hadiah yang unik.
Demikianlah gambaran pelaksanaan model pembelajaran TGT yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas VI untuk menghitung luas segi banyak agar dapat lebih menantang dan mudah diterima anak.

No comments:

Post a Comment