Mendidik Karakter Siswa Melalui Drama

Sahabat blog, besok saya merencanakan untuk mementaskan drama sederhana di kelas saya. Seminggu yang lalu saya telah membagi 12 anak di kelas 5 menjadi 2 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 6 anak. Mereka senang,saya telah mengundi judul drama berikut peran yang harus mereka mainkan besok.

Ada 2 drama sederhana yang akan mereka mainkan, yaitu "Bawang Merah Bawang Putih" dan " Malin Kundang".
Anak-anak itu menyusun percakapan drama dalam kelompok mereka,saya biarkan mereka berkreasi untuk menciptakan dialog dengan bahasa mereka sendiri. Saya arahkan mereka pada bagian pemilihan kostum dan properti. Mereka menggunakan waktu luang di luar sekolah untuk berlatih dalam kelompok. 

Beberapa hari yang lalu, saya juga telah menyampaikan poin-poin penilaian yang akan saya ambil dari penampilan mereka. Sahabat sekalian bisa klik pada link berikut untuk mengetahui seperti apa rubrik penilaian yang saya buat :


Melalui penampilan drama itu, saya bertujuan agar siswa dapat mengambil pesan atau amanat dalam drama dan memiliki karakter sebagai berikut :
  1. Bertanggung jawab
  2. Disiplin
  3. Percaya diri
  4. Berbakti pada orang tua
  5. Rendah hati
  6. Dermawan
  7. Sabar
  8. Berani
  9. Yakin kepada Allah
Masih banyak karakter yang bisa tertanam dalam diri siswa selain hal-hal di atas . Bermain drama juga bisa memberikan pengalaman batin yang mengesankan bagi anak. Semoga, apa yang saya maksudkan dalam penyajian bermain drama besok benar-benar mengena pada diri anak didik saya.

No comments:

Post a Comment