Cara Mencegah Spasi Berantakan dari MS Word 2010 yang Dibuka pada MS Word 2007

Sahabat pembaca, pernahkah Anda mengetik berlembar-lembar dokumen pada Microsoft Word 2010 kemudian memindahkan dan membuka dokumen tersebut pada Microsoft Word 2007 ? Apa yang terjadi ? 
Tampilan spasi antarkata yang menjadi berantakan. Demikianlah yang pernah saya alami saat mengetik sekitar 80 lembar karya tulis dari laptop saya yang menggunakan Microsoft Word 2010 dan memindahkannya ke laptop yang menggunakan Microsoft Word 2007 untuk dicetak. Hampir menangis saya dibuatnya. Dengan teliti dan cermat, saya perbaiki kembali spasi antarkata tersebut satu demi satu sampai memakan waktu satu jam lebih. Sahabat pembaca, pernah juga saya menanyakan permasalahan tersebut pada seorang pekerja di rental komputer. Jawaban mereka tidak memberikan solusi bahkan menyarankan hal yang sama dengan apa yang telah saya lakukan. Pernah saya mencari artikel di internet tentang cara mengatasi spasi yang terlanjur berantakan dari Microsoft Word 2010 yang dibuka pada Microsoft Word 2007. Setelah saya praktekkan pada laptop saya ternyata tidak berhasil. Sampai suatu waktu saat saya sudah kuliah di Surabaya dan mengeluhkan permasalahan tentang spasi berantakan ini pada beberapa teman, akhirnya mereka memberikan solusi. Tetapi solusi ini bersifat mencegah,bukan mengatasi spasi yang terlanjur berantakan. Solusi tersebut sungguh efektif sehingga sebelum memindahkan dokumen dari Microsoft Word 2010 ke Microsoft Word 2007 saya melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Membuka file Microsoft Word 2010 yang akan saya pindah ke Microsoft Word 2007
  • Menyimpan file dengan cara klik file > save as > lalu pilih word 97-2003 document lalu klik ok


Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kini saya tidak perlu khawatir dengan tampilan file Microsoft Word 2010 yang dibuka pada Microsoft Word 2007. Cukup mudah bukan ? Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment