Dari Kampung Ilmu sampai PGS

Akhir pekan yang menyenangkan. Hari ini saya berkesempatan menjelajahi sudut lain Kota Surabaya. Libur kuliah adalah waktu yang dapat saya manfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekaligus mengenal Kota Surabaya.
Pagi hari sekitar pukul 08.00 saya bersama seorang teman berangkat dari kos. Dari arah selatan, Ketintang, kami berjalan kaki hingga ke Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya kira-kira 2 km. Di depan RSI itulah saya menemukan angkutan umum yang menuju ke arah Pasar Turi. Ada hal unik di sini, orang-orang menamakan angkutan umum yang di tempat saya disebut angkot atau colt dengan nama Lyn atau Bemo. Setiap bemo mempunyai kode huruf yang berbeda-beda dengan rute tertentu. 
Kami naik Lyn D lalu turun di Kampung Ilmu yang terletak di Jalan Semarang. Di sini lah lokasi buku-buku lengkap baik baru maupun bekas tersedia. Harga buku di Kampung Ilmu juga terjangkau. Saya jadi teringat Shopping di Yogyakarta. Shopping adalah pusat buku yang sering saya kunjungi bila sedang berada di Yogyakarta. Berbeda dengan toko-toko di Shopping yang berada pada satu kompleks, toko-toko di Kampung Ilmu berada di sepanjang Jalan Semarang. 

Setelah mendapat beberapa buku, kami berjalan ke arah utara. Ternyata, Kampung Ilmu dekat dengan Stasiun Pasar Turi. Cukup dengan berjalan 5 menit saja saya sudah sampai di depan Stasiun Pasar Turi. Kemudian kami berjalan lagi kira-kira 1 km hingga sampai ke PGS. Kini saya tahu, PGS yang sering diceritakan orang itu adalah Pusat Grosir Surabaya. 
Kami berkeliling dan naik turun lift, menjelajahi PGS dan mengamati hilir mudik pedagang yang kulakan berbagai macam barang hingga berkarung-karung. Sungguh ramai suasana PGS yang diserbu pembeli dari berbagai penjuru.
Setelah lelah mengamati PGS dan mengetahui seluk beluknya, kami keluar dan kembali menyusuri jalanan Surabaya mencari Lyn D untuk kembali ke selatan. 
Meski cuaca cukup panas, saya menikmati tinggal di kota ini. Betapa tidak, sebuah tugas yang harus saya laksanakan ada di kota metropolis ini. Sebuah tantangan yang harus dibingkai dengan kerja keras, senag hati dan semangat serta doa. Selamat berakhir pekan !

No comments:

Post a Comment