Cerianya Bermain Kuismatika

Penjumlahan dan pengurangan pecahan merupakan materi yang sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan tersebut biasanya disebabkan oleh kurangnya penguasaan siswa terhadap materi KPK yang merupakan prasyarat dalam menentukan penyebut pada penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda. Sebagian siswa juga masih belum menguasai perkalian dengan baik. 
Pada kompetensi dasar 5.2, terdapat materi tentang penjumlahan dan pengurangan berbagi bentuk pecahan. Saya memiliki inisiatif untuk membuat pembelajaran menggunakan model STAD untuk membantu siswa memahami materi tersebut. Model pembelajaran ini saya laksanakan dalam sebuah metode yang saya beri nama kuismatika. Artinya, kuis matematika. Pada pelaksanaannya, saya membagi kelas dalam 3 kelompok yang terdiri dari 4 anak setiap kelompoknya. Lalu, saya ajak mereka bermain kuis dalam 3 level. Pada level 1, saya minta siswa mengerjakan kuis dengan diskusi kelompok pada lembar kerja yang saya bagikan. Pada level 2 dan 3, saya menggunakan media kuis yang saya buat dengan VBA pada powerpoint, Saya menyisipkan lagu anak yang ceria pada kuis tersebut, Sehingga siswa senang dalam mengerjakan. Level 2 dan 3 pun dikerjakan siswa dalam kelompok masing-masing, dan pada akhir setiap level siswa dapat mengecek hasil diskusi kelompoknya dengan klik pada kotak "cek nilai" yang telah saya buat pada slide kuismatika.Pada akhir pertemuan, saya menguji kemampuan individu untuk mengerjakan kuis secara mandiri. Saya mengukur perkembangan skor kelompok dan individu tersebut selama beberapa pertemuan. Alhamdulillah, anak-anak senang dan skor kuis mereka terus meningkat.

No comments:

Post a Comment