Belajar Simetri Putar

Pagi yang cerah,matahari bersinar hangat menerpa tanah yang masih basah karena gerimis sesaat tadi pagi. Kami telah menghabiskan waktu bersama ibu guru pada 2 jam awal pelajaran Matematika untuk membahas soal-soal persiapan UAS1. Setelah itu,kami belajar tentang simetri putar bangun datar. Ada persegi panjang, persegi, segitiga sama sisi, segitiga samakaki, dan lingkaran. Ibu guru memberi kami papan simetri putar. Di atas papan itu ada bangun datar dengan bentuk-bentuk seperti di atas. Di sudut bangun datar itu, ada nama sudut A,B,C,dsb.
Setiap anak diminta untuk memegang sebuah papan simetri putar, lalu memutar-mutar bangun tersebut di mana setiap putaran harus tepat di bingkainya sehingga titik A dapat kembali lagi ke titik A seperti semula. Jumlah putaran bangun untuk kembali ke titik semula  tersebut menunjukkan banyaknya  simetri putar.
Setelah melakukan peragaan, anak yang maju itu diminta mengatakan nama bangun yang diputarnya dan berapa jumlah simetri putarnya. Dengan menggunakan papan simetri putar, kini kami memahami jumlah simetri putar suatu bangun datar.

No comments:

Post a Comment