Catatan Diklat Kurikulum 2013 Hari Pertama

Sahabat pembaca, pada hari ini 16 Juni 2014 saya berkesempatan mengikuti pelatihan kurikulum 2013. Pelatihan hari pertama ini dilakukan oleh instruktur nasional yang telah mendapatkan pembekalan dari LPMP. Saya mendapat tugas untuk mengikuti pelatihan guru kelas IV. Dalam satu kelas berisi 44 peserta dengan 2 orang instruktur yang memandu pembelajaran kurikulum 2013.
Pelatihan yang dimulai pada pukul 08.00 setelah pembukaan ini didahului dengan tes awal dengan mengerjakan 40 soal dalam waktu 60 menit. Setelah itu, dilanjutkan paparan materi kurikulum 2013 oleh instruktur.
Pada awal presentasi, instruktur memaparkan tentang rasional pengembangan dan elemen perubahan kurikulum 2013. Pada intinya, rasional pengembangan kurikulum 2013 ini dilatarbelakangi oleh tantangan internal dan tantangan eksternal serta penyempurnaan pola pikir dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 menuntut adanya pendalaman dan perluasan materi yang dikuatkan dengan tata kelola kurikulum yang dimulai dengan penetapan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Sedangkan elemen kurikulum 2013 meliputi Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi,Standar Proses,dan Penilaian.

Standar kompetensi lulusan mencakup domain sikap yang meliputi sikap spiritual dan sosial,pengetahuan,dan keterampilan. Dari standar kompetensi lulusan tersebut,diturunkan kompetensi inti yang dirumuskan dengan notasi sebagai berikut :
  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan
Demikianlah sedikit catatan yang dapat saya tuangkan malam ini. Semoga catatan tersebut dapat memberikan gambaran sekilas tentang kurikulum 2013.

No comments:

Post a Comment