Cakram Warna Elektrik


Malam Senin. Berpaling sejenak dari kesibukan dan menulis di Adenium menjadi pilihan refreshing saya malam ini. Membuka- buka memori ponsel dan mengambil beberapa gambar untuk melengkapi postingan adalah hal yang sering saya lakukan sebelum menulis. 
Saya ingin bercerita kepada sahabat pembaca tentang kegiatan saya beberapa hari lalu bersama anak-anak di kelas,yaitu tentang rangkaian cakram warna sederhana.
Alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat cakram warna telah tersedia dalam kit sains yang ada di sekolah kami,sehingga tidak terlalu sulit untuk menyusunnya. Jika di sekolah anda terdapat kit sains,anda dapat mencoba menyusun rangkaian cakram warna tersebut, siapkanlah alat dan bahan sebagai berikut :


  • papan penyangga 1 buah
  • baterai 2 atau 4 buah beserta dudukannya
  • saklar tekan on off 1 buah
  • kabel penghubung pendek 4 buah apabila diperlukan
  • dinamo motor 1 buah
  • penumpu jenis A 2 buah
  • penjepit penumpu 4 buah
  • cakram warna elektrik 6 warna 1 buah
  • cakram warna elektrik 2 warna 1 buah

Rangkailah semua alat dan bahan sebagaimana gambar di atas. Masukkan dinamo motor pada penumpu jenis A. Hubungkan satu kabel dinamo dengan sebuah kabel yang terhubung dengan baterai dan kabel dinamo yang lain dengan saklar. Hubungkan pula saklar dengan baterai dengan menggunakan sebuah kabel. Setelah rangkaian jadi, pasang cakram warna pada dinamo, mintalah siswa untuk menekan saklar dan mengamati warna yang tampak. Gambar di samping adalah putaran cakram 2 warna merah kuning yang menghasilkan warna kuning.
Adapun gambar yang di bawahnya merupakan hasil putaran cakram elektrik 6 warna. Anak-anak mengatakan warna yang tampak tersebut adalah putih kecoklatan. Putaran cakram warna elektrik ini tidak menghasilkan warna putih mengingat paduan warna cakram yang hanya terdiri dari 6 warna tanpa warna nila atau abu-abu. 
Demikianlah kegiatan menyenangkan yang saya praktekkan bersama anak-anak beberapa hari yang lalu. Setelah melakukan kegiatan,saya minta mereka menulis laporan kelompok. Pembelajaran ini saya kaitkan dengan materi menulis laporan Bahasa Indonesia. Jadi, sekali melakukan kegiatan, ada 2 indikator dari mata pelajaran yang berbeda dapat dipadukan.

No comments:

Post a Comment