Kotak-Kotak Cantik



3 hari awal masuk sekolah adalah masa orientasi siswa. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk menyiapkan diri menghadapi tahun ajaran baru. Membentuk kepengurusan kelas, mencatat jadwal,membentuk regu piket,adalah sederet kegiatan rutin yang pasti dilakukan semua guru pada awal masuk sekolah.

Sekedar berbagi pengalaman,saya memanfaatkan  kesempatan dalam kurun waktu tersebut untuk mengajak anak-anak membuat kotak-kotak cantik.
Kami menamakannya kotak-kotak cantik,karena kotak-kotak itu mirip tumpukan kado yang berjajar rapi di belakang kelas kami, tepat di bawah papan pajangan. Kotak-kotak itu nantinya akan menjadi wadah penyimpanan hasil karya siswa yang sudah selesai dipajang. Kotak-kotak itu nanti akan penuh dalam satu semester,dengan lembar-lembar pajangan yang sudah saya beri nilai. Kotak itu juga sebagai bukti fisik dan langkah penyimpanan yang tepat untuk bahan awal  membuat portofolio.
Hari ke tiga masuk,saya ajak anak-anak untuk membawa kardus bekas dan kertas kado,beserta lem dan gunting. Ada yang membawa kardus tango,kardus sepatu,kardus jam,bahkan kardus bekas kue hantaran hajatan. Mereka berkreasi sendiri menyusun kotak-kotak dokumen.  Setelah jadi,mereka tempel nama sebagai identitas. Kini,kotak-kotak itu telah berjajar manis di belakang kelas kami.

No comments:

Post a Comment