Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai anak. Dengan menulis, anak akan terlatih untuk menuangkan gagasan,perasaan,dan pengalamannya secara runtut.
Menulis juga dapat membantu anak untuk mengekspresikan dirinya. Mungkin ada beberapa anak yang merasa kesulitan untuk menyampaikan gagasan ketika berbicara,namun sangat lancar apabila menyampaikan gagasan lewat tulisan. Adapula anak yang lancar dalam menyampaikan gagasan lewat lisan namun kesulitan untuk menulis. Situasi tersebut banyak kita jumpai di kelas. Tugas kita sebagai guru adalah membantu siswa untuk mengoptimalkan kemampuan berbahasa lisan maupun tulis,agar kemampuan tersebut dimiliki anak dan membantu mereka untuk berkomunikasi secara optimal.
Saya mempunyai rencana skenario pembelajaran sebagai berikut untuk membelajarkan menulis karangan di kelas saya besok pagi :
- Mengenalkan anak pada sebuah karangan,mengupas karangan itu,dan mengajak anak memahami isinya
- Menyampaikan bagian-bagian karangan
- Menyampaikan langkah-langkah menulis karangan
- Membimbing anak menulis karangan dengan menentukan tema terlebih dahulu. Saya akan memberikan kebebasan kepada mereka untuk menentukan sendiri temanya.
- Membimbing anak untuk membuat kerangka karangan
- Memberi kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kerangka karangangannya
- Mengoreksi karangan yang telah ditulis anak
- Memberi kesempatan kepada anak untuk memperbaiki kesalahannya dalam menulis
- Meminta anak menyalin karangannya dengan rapi di sebuah kertas
- Menilai karangan anak dan meminta mereka membaca di depan kelas
- Memberi kesempatan kepada anak-anak yang lain untuk berpendapat terhadap karangan yang dibacakan oleh teman.
- Memajang karangan anak di papan pajangan kelas
No comments:
Post a Comment