Memberi tugas kepada anak-anak zaman sekarang memang harus serius. Maksud saya, serius di sini adalah guru harus benar-benar cermat dalam membuat perencanaan dan cermat dalam memantau perkembangan tugas yang diberikan.
Pada saat awal memberi tugas, saya melihat anak-anak itu kebingungan untuk membuat daftar pertanyaan
untuk wawancara. Lalu saya melakukan pendampingan,dan jadilah daftar pertanyaan itu. Untuk melangkah kepada para pedagang pun,anak-anak itu merasa malu,saya lalu mengambil inisiatif untuk mengantar mereka ke hadapan pedagang-pedagang itu, mengajari mereka sedikit cara dan sopan santun melakukan wawancara. Setelah anak-anak dalam kelompok itu berani membuka percakapan,saya menepi dan membiarkan mereka berwawancara dengan bahasa yang sederhana dan lucu menurut saya. Dari kejauhan saya hanya tersenyum, anak-anak akhirnya berani juga berwawancara. Saya ambil kamera saku dan saya abadikan beberapa momen yang unik itu.
Pada saat berwawancara,saya minta anak-anak untuk mencatat informasi penting yang disampaikan oleh pedagang yang mereka wawancarai,tentunya dengan draf pertanyaan yang telah mereka buat sebelumnya.
Setelah selesai wawancara,saya minta setiap kelompok untuk melaporkan hasil wawancaranya di muka kelas,sedangkan kelompok lain menyimak dan menanggapi.
Banyak informasi yang mereka dapat dari hasil wawancara dengan pedagang makanan di sekolah. Selain itu,mereka merasa memiliki pengalaman yang baru dalam batin mereka,yaitu keberanian untuk berinteraksi dengan lingkungan di luar diri,keluarga,dan teman-teman mereka.
Dengan melakukan kegiatan wawancara,saya berharap dalam diri anak-anak itu tumbuh karakter sbb:
- Menghargai orang lain
- Bertanggung jawab
- Berani
- Percaya diri
Sahabat guru,semoga sedikit catatan saya ini dapat menginspirasi anda untuk melakukan pembelajaran yang melatih keberanian siswa dan keterampilan untuk berkomunikasi. Banyak cara yang dapat dilakukan guru untuk membuat pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi menarik dan menyenangkan. Selamat mencoba !
No comments:
Post a Comment