Merahnya Senja di Ujung Februari

"Bila yang tertulis untukku
adalah yang terbaik untukmu
kan kujadikan kau kenangan
yang terindah dalam hidupku"
Sepotong lagu "Kenangan Terindah" menemani saya menulis malam ini.
Apa kabar sahabat ?
Semoga semua waktu anda membawa kebahagiaan dan manfaat bagi orang-orang di sekeliling anda.
Februari telah berakhir, berarti berakhir pula semua kesibukan saya pada pekan seni. 
Kini saatnya beranjak menuju kesibukan lain dan memulai program-program pribadi yang sempat terhenti karena beberapa kesibukan.
Senja yang merah. Itulah gambar yang saya tangkap dari kamera saya sore tadi. Melalui jendela kamar, saya menatap keluar dan saya dapatkan keindahan yang demikian elegan. Subhanallah, langit merah ditutupi rindang pepohonan terbentang jelas di kedua mata saya. Maka saya pun mengabadikan momen ini dan menulisnya dalam catatan mungil di Adenium.
Senja yang merah di ujung Februari, benar-benar memberi saya isyarat untuk mengistirahatkan jiwa dari segala kesibukan aktivitas duniawi. Senja ini, seperti mengantarkan saya ke sebuah tempat di mana saya menemukan sebuah teman untuk menyandarkan semua kelelahan. Senja merah menjemput malam yang indah, seperti malam ini, langit cerah dan suasana begitu hangat, berada di sekeliling orang-orang tercinta dalam rumah sederhana yang penuh kasih sayang.
Senja yang merah, seakan mengantarkan saya untuk pergi esok pagi. Pergi menjemput hari-hari yang lebih indah dengan sejuta mimpi dan harapan. Bagaimana dengan anda?

Sinau Tembang Mijil

"Manuk miber hangideri bumi
Nora wurung mencok
Kadya titah ing ndonya uripe
tan wurung murut kasedan jati
kabeh mung sadermi
Bayangan lumaku "
Demikianlah alunan tembang mijil terlantun merdu dari seorang siswa saya. Tadi, kami mencoba untuk menyanyikan tembang mijil bersama-sama. Sejuk dan menentramkan hati, begitulah perasaan yang tergambar saat mendengar alunan tembang jawa dari lisan-lisan mungil itu.
Tembang Mijil adalah salah satu tembang macapat yang dijadikan pilihan dalam lomba pekan seni tahun ini. Setelah dapat melantunkan tembang tersebut, kami mencoba untuk mempelajari tentang guru gatra, guru wilangan, dan guru lagu.
Guru gatra mengandung pengertian jumlah larik tembang. Dalam tembang mijil ini, jumlah guru gatra adalah 6, artinya 6 larik atau baris. Sedangkan guru wilangan adalah jumlah suku kata dalam setiap larik tembang. Guru wilangan tembang mijil adalah 10,6,10,10,6,6. Adapun guru lagu adalah aksara swara (vokal) yang terdapat pada akhir larik. Guru lagu disebut juga dhong-dhing.Guru lagu tembang mijil adalah i,o,e,i,i u.
Dalam penerapannya,guru wilangan sering digabung dengan guru lagu. Apabila digabung antara guru wilangan dan guru lagu menjadi : 10i,6o,10e,10i,,6i,dan 6u.

What day is it?

Siang yang terik. Seminggu pasca hujan abu vulkanik, cuaca kembali cerah dan bersahabat. Menanti waktu menunjukkan pukul satu,saya sendiri di ruang kantor. Rencananya, kegiatan tari bersama rekan-rekan dan siswa dari sekolah lain akan dilaksanakan jam 1 nanti. Mengisi waktu sendiri, terkadang dapat memunculkan inspirasi. 
Bersama semilir angin, saya mencoba menarikan jari-jari saya di atas keyboard. Kali ini saya membuat media untuk pengenalan nama hari dalam bahasa Inggris. Media ini saya buat dengan menampilkan sebuah panah kanan-kiri dan kotak nama hari di atasnya. Apabila panah tersebut diklik ke kanan atau ke kiri,maka akan muncul nama hari yang dimaksud. Anda sebagai guru atau orang tua dapat membantu anak mengartikan nama hari tersebut kemudian mengartikannya. Bantulah anak membaca, lalu menghafal nama-nama hari dalam bahasa Inggris berikut memahami artinya. 
Demikianlah saya mengisi sedikit waktu ini, semoga bermanfaat. Anda penasaran ? boleh download media tersebut di sini. Selamat mencoba,salam semangat !

Mengenal Organ Pencernaan pada Manusia

Hai sobat, apa kabar ? 
Malam ini saya kehabisan pulsa modem. Ingin menulis nyaris tak jadi. Untung saya punya "kotak smart". Hm, ternyata kotak ini cukup pintar juga. Tak hanya bisa digunakan untuk akses data pada dirinya sendiri dengan menu yang bermacam-macam, tapi bisa dibagi ke netbook white angle saya. Bukan iklan lho... :). Yah, begitulah. Saya bisa mati gaya tanpa jaringan wifi.
Mengingat-ingat pelajaran IPA kelas 5 yang pernah saya sampaikan saat semester 1,saya jadi ingin membuat media tentang organ pencernaan pada manusia. Media ini menyajikan  sebuah gambar yang dilengkapi dengan nomer untuk diklik. Saat anda klik pada sebuah nomer, maka akan muncul nama dari organ tersebut. Media ini dapat anda gunakan untuk mengenalkan pada siswa tentang nama-nama organ pencernaan pada manusia. Pada bagian opening media ini saya menyajikan gambar kartun bergerak kesayangan anak-anak. Selain itu, saya menyajikan lagu anak "Dakocan" selama media ini ditampilkan. Saya ingin membangkitkan kegairahan anak dalam belajar dan berusaha membantu menyeimbangkan otak kiri dan kanan mereka. Jadi, selain belajar anak juga merasa senang.Anda penasaran ? Coba klik di sini untuk download. 

Seikat Rambutan dan Sebuah Padasan Tua

Kawan, hidup terus berjalan. Apa yang telah berlalu mungkin tak akan kita temui lagi esok hari. Ada orang-orang yang bersama kita dalam waktu cukup lama. Ada yang hanya singgah beberapa saat saja. Bahkan ada, seseorang yang hanya kita temui sekali saja dalam hidup ini. Mungkin, pertemuan pertama sekaligus pertemuan terakhir. Kira-kira begitu dengan diri saya :).
Saat menulis postingan ini, saya sedang duduk sendiri di rumah. Hampir tengah malam, tak ada keluarga yang di rumah, hujan gerimis juga mulai turun. Bahkan, rumah depan saya juga kosong. 
Ya, begitulah kehidupan, terkadang orang-orang harus pergi ke tempat lain untuk suatu keperluan.
Baiklah, saya ingin menulis tentang pemandangan di sebelah timur rumah saya. Ada sebuah bejana wudhu, kami menamakannya padasan , dan ada seikat rambutan yang menjuntai dari pohonnya, tepat di samping padasan itu. Saya ingin mengabadikan pemandangan ini dengan menulis sedikit cerita, bahwa seikat rambutan dan sebuah padasan adalah simbol dua generasi. Padasan itu adalah peninggalan kakek dan nenek saya yang telah tiada  sekitar 15 tahun silam. Padasan itu sudah berusia cukup tua. Kira-kira hampir 30 tahun. Sedangkan rambutan itu, baru ditanam oleh ayah saya 2 tahun silam. Kini, sebuah padasan tua dan seikat rambutan berdampingan dengan indah dan memberikan pemandangan klasik setiap saya melongok keluar jendela. Hal ini memberikan pengalaman dalam diri saya, bahwa saya harus mengingat dan mendoakan selalu kakek dan nenek saya, serta menghargai ayah saya yang telah menanam banyak pohon buah di pekarangan kami hingga menciptakan sebuah pemandangan asri dan menyejukkan mata. Seikat rambutan dan sebuah padasan tua,simbol tradisi yang menyatu dengan alam.

Pada Musimnya

Bilakah waktu mempertemukan
jarak awan dan rembulan.

Kau lihat hujan
luruhnya lembut,kadang menusuk.
Hujan tak menjadi rintangan
Pada akhirnya,hanya kata-kata yang mempertemukan.

Singgahlah pada kerikil bebatuan.
Langkahmu dan langkahku mungkin tak sama

Pada musimnya, waktu itu tiba
saat jendela terbuka
dan sinar surya mencampakkan dedaunan.
Hanya ada selembar tabir antara kita.

Jauh, tinggi menjulang
Pada akhirnya, daun-daun luruh pada musimnya.

Cerianya Bermain Kuismatika

Penjumlahan dan pengurangan pecahan merupakan materi yang sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan tersebut biasanya disebabkan oleh kurangnya penguasaan siswa terhadap materi KPK yang merupakan prasyarat dalam menentukan penyebut pada penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda. Sebagian siswa juga masih belum menguasai perkalian dengan baik. 
Pada kompetensi dasar 5.2, terdapat materi tentang penjumlahan dan pengurangan berbagi bentuk pecahan. Saya memiliki inisiatif untuk membuat pembelajaran menggunakan model STAD untuk membantu siswa memahami materi tersebut. Model pembelajaran ini saya laksanakan dalam sebuah metode yang saya beri nama kuismatika. Artinya, kuis matematika. Pada pelaksanaannya, saya membagi kelas dalam 3 kelompok yang terdiri dari 4 anak setiap kelompoknya. Lalu, saya ajak mereka bermain kuis dalam 3 level. Pada level 1, saya minta siswa mengerjakan kuis dengan diskusi kelompok pada lembar kerja yang saya bagikan. Pada level 2 dan 3, saya menggunakan media kuis yang saya buat dengan VBA pada powerpoint, Saya menyisipkan lagu anak yang ceria pada kuis tersebut, Sehingga siswa senang dalam mengerjakan. Level 2 dan 3 pun dikerjakan siswa dalam kelompok masing-masing, dan pada akhir setiap level siswa dapat mengecek hasil diskusi kelompoknya dengan klik pada kotak "cek nilai" yang telah saya buat pada slide kuismatika.Pada akhir pertemuan, saya menguji kemampuan individu untuk mengerjakan kuis secara mandiri. Saya mengukur perkembangan skor kelompok dan individu tersebut selama beberapa pertemuan. Alhamdulillah, anak-anak senang dan skor kuis mereka terus meningkat.

Tumis Kangkung Teri Tawar

Sahabat pecinta kuliner, memasak adalah seni bagi seorang wanita. Dengan memasak, kita dapat memadukan beberapa bahan dan mencampur berbagai macam bumbu agar menciptakan cita rasa yang khas dan sesuai dengan selera si pembuat masakan. Percaya atau tidak, hasil masakan itu tergantung dengan suasana hati. Jadi, memasaklah dengan senang hati agar rasa masakan anda nikmat untuk dilahap.
Beberapa waktu lalu, saya memasak tumis kangkung teri tawar. Bagi anda pecinta masakan oseng, mungkin sudah tidak asing lagi dengan masakan seperti ini. Namun tidak ada salahnya bila anda mencoba resep simpel saya untuk teman makan malam bersama keluarga. Cara memasaknya praktis, bahan-bahannya pun mudah didapat.
Untuk memasak tumis kangkung teri tawar, bahan yang diperlukan adalah sbb :

Bermain Kuis Perkalian Random

Sahabat pembaca yang budiman,salam edukasi !
Di awal Februari ini, sekolah saya tengah sibuk untuk persiapan pekan seni dan pesta siaga. Meskipun demikian, saya masih menyempatkan diri untuk belajar dan menyajikan media pembelajaran sederhana."Beri saya sedikit waktu, sebuah laptop, dan sebuah modem, maka saya akan menulis dan menghasilkan sesuatu". Begitu kira-kira motto saya selama ini untuk terus belajar :).
Malam ini saya belajar tentang pembuatan kuis perkalian random atau acak. Pada kuis powerpoint ini, slide 1 diawali dengan tombol mulai. Di mana saat klik pada tombol mulai, akan muncul kotak inputBox yang meminta nama pengguna. Setelah mengisikan nama dan klik "ok", slide akan berganti dengan tayangan kotak "Question". Saat klik kotak "Question", akan muncul kotak pertanyaan yang meminta isian jawaban. Soal yang saya sajikan adalah soal perkalian acak, di mana setelah anda menjawab sebuah soal maka akan muncul soal berikutnya, berganti-ganti secara acak. Demikian pula kuis itu dikerjakan oleh responden lain, maka akan berganti-ganti pula soal tersebut secara acak. Setiap anda klik "ok" pada kotak jawaban maka akan diikuti oleh balikan atau respon terhadap kebenaran soal yang anda kerjakan. Anda dapat bermain kuis berapa saja yang anda mau. Lalu berlanjutlah ke slide 3, di mana pada slide 3 ini ada tombol konfirmasi jawaban. Apabila anda klik, maka akan muncul berapa jumlah soal benar yang anda kerjakan dari seluruh soal yang telah anda selesaikan.
Penasaran ? Coba klik di sini untuk mendownload media tersebut. Media ini dapat digunakan untuk belajar perkalian bagi siswa kelas 3-6. Selamat mencoba !
Kuis pintar ini saya pelajari dari sini.